multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Tutorial Corel Draw Membuat Undangan Nikah dengan Cepat

pemikiran serta waktu yang relativ lama.
Untuk mempercepat pengerjaan, saya mengambil vector dari CD 4 Platinum Wedding
Dengan meng- import salah satu vector didalamnya. Kosongan akan berbentuk seperti ini

Lalu saya mengambil sebagian dari vector di atas, tentu saja berbentuk eps dan editable.
Pertama-tama saya membuat kotak, lalu saya memasukkan JPG yang tentu saja dari CD Platinum Wedding , lihat bawah

Dengan cara : Effect => Power Clip => Place Inside Container. Lalu saya mengambil Ornament bunga yang pada penggalan Vector Awal. Dengan Effect Lens yang ditarik dari kiri atas ke kanan bawah. Selanjutnya saya gabung dengan kotak yang saya buat, tentu saja dengan cara effect => Powerclip => Place Inside Container juga. Dan
diposisikan pada kiri atas. Hadil seperti bawah :

Sudah jadi background undangan yang cantik.
Kita beralih ke pengerjaan selanjutnya, tambahkan penggalan vector Love pada kanan atas tapi sebelumnya sudah saya gabung dengan beberapa sayap dari vector yang saya ambil. Lalu saya kasih Drop Shadow Putih, dengan sedikit penjelasan dibawah ini :

1(Preset List) : mengatur jenis bayangan
2(Drop Shadow Opacity) : mengatur kontras bayangan yang dibuat
3(Drop Shadow Feathering) : mengatur tebal tipisnya bayangan
4(Drop Shadow Feathering Direction) : mengatur didalam atau diluarnya object bayangan
5(Drop Shadow Feathering Edges) : mengatur jenis dari pencahayaan bayangan
6(Transparency Operation) : mengatur jenis transparansi bayangan
* Note : Supaya lebih jelasnya, silahkan diotak atik sendiri gan. Ntar baru bisa membedakannya. Saya menggunakan 1= medium glow, 2= 83 poin, 3= 8 poin, 4= outside, 5= inverse squared, 6= normal, jangan lupa dikasih warna putih. Letaknya di samping kanan transparency operation.
Nampak seperti di bawah :

Saya bubuhkan sedikit tulisan “THE WEDDING“ dll….
Hasil seperti dibawah :

Mengenai tulisan “THE WEDDING” itu saya menggunakan background belakangnya dan saya masukkan ke tulisan dengan efek Power Clip. Jangan lupa efek tulisan copas yang telas di ulas pada tutorial sebelumnya. Kotakan dibawah tulisan “Yth” saya kasih warna putih dan saya efek lens (transparency type uniform)
Sesudah itu saya copy backgroundnya ke samping kanan dan saya bubuhkan sedikit tulisan juga. Nampak seperti di bawah :

Dari sini telah jadi cover luar, begitupun juga pada cover dalam (baliknya) saya hanya copas cover luar lalu saya balik posisinya. Saya beri kotakan putih transparan yang bertujuan orang membaca tulisannya secara focus dan tidak membaur dengan background di belakangnya.
Hasil nampak seperti ini :

Saya menggunakan font jenis ‘Felix Titling’ , ‘Poor Richard’ , ‘Vivaldi’ , serta jangan lupa text effect copas lagi gan.

Selamat mencoba dengan kreasi yang lebih atraktif.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive